PROGRAM STUDI TADRIS IPS UIN SUSKA RIAU MELAKUKAN KUNJUNGAN ILMIAH KE MUSEUM SANG NILA UTAMA DAN LEMBAGA ADAT MELAYU (LAM) RIAU

Pada Jumat tanggal 3 Juni 2022 Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUska Riau telah melaksanakan kunjungan Ilmiah Ke Museum Sang Nila Utama Dan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau guna penjajakan kerjasama dan praktikum mata kuliah studi masyarakat indonesia untuk angkatan pertama program studi Tadris IPS UIN Suska Riau.

Penjajakan Kerjasama Dengan Dinas Budaya Provinsi Riau
Penjajakan Kerjasama Dengan Dinas Budaya Provinsi Riau

Penjajakan kerjasama dengan Museum Sang Nila Utama Dan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau sudah jauh-jauh hari dirancang. Penjajakan kerjasama dengan Museum Sang Nila Utama Dan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau dipilih karena penciri khusus dari Program Studi Tadris IPS adalah budaya melayu. Penciri itu tertuang di dalam kurikulum yang sudah dirancang sehingga tidak lengkap kiranya tanpa adanya praktek langsung ke lapangan.

Di Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau

Pada kunjungan di museum Sang Nila Utama, mahasiswa berkesempatan melihat koleksi benda-benda bersejarah bangsa melayu yang tersimpan rapi dan lengkap dengan deskripsinya. Selain itu, ada juga biografi tokoh-tokoh melayu baik dari zaman kerajaan sampai zaman modern saat ini.

Salah Satu Cerita Rakyat Riau di Museum

Dengan adanya penjajakan kerjasama dan praktek langsung mahasiswa ke Museum Sang Nila Utama dan Lembaga Adat Melayu Riau diharapkan mempu menambah wawasan mahasiswa tentang budaya melayu. Selain itu, mahasiswa sebagai media promosi dalam memperkenalkan kembali museum Sang Nila Utama sehingga gairah masyarakat untuk berwisata edukasi mampu meramaikan museum ini.

Monumen Museum Sang Nila Utama

Mari kita budayakan dan lestarikan warisan sejarah dan cagar budaya Indonesia dengan datang mengunjungi museum-museum Indonesia bersama keluarga tercinta. ajak generasi anak cucu kita untuk lebih mengenal dan mencintai budaya bangsa Indonesia, khususnya budaya melayu Riau.