Festival Semarak Tarbiyah (FESTA) 2021 “Jurusan Tadris IPS Sapu Bersih Piala”

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengadakan FESTA (Festival Semarak Tarbiyah) pada tanggal 23-24 Oktober 2021 di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan mempererat solidaritas antara sesama mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan sesama mahasiswa tingkat atas yang terlibat. Kegiatan yang berlansung selama 2 hari ini di ikuti oleh 14 jurusan yang ada di Fakultas Tarbiyah dan keguruan, salah satunya yaitu Tadris IPS.
Meski masih bergelut dengan pandemi Covid-19, sama sekali tidak menyurutkan semangat mahasiswa baru tahun akademik 2021-2022 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk tetap mengikuti kegiatan ini dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 gelombang dengan tujuan untuk meminimalisir jumlah peserta dan tamu yang hadir kata ihsan alwada selaku ketua pelaksana pada acara tersebut.

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa. Kemudian, laporan pelaksana dari Ketua Panitia, kata sambutan dari Ketua Dema, dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus membuka acara Festa secara resmi.

Dalam pelaksanaannya, acara ini juga menghadirkan beberapa pemateri dari dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Adapun beberapa materi yang dibahas diantaranya, administrasi dan pendidikan, organisasi dan kemahasiswaan, relasi agama dan pendidikan.
Hal ini bertujuan agar mahasiswa baru pasca pelaksanaan acara ini sadar akan pentingnya belajar , memahami administrasi, menemukan relasi agama yang tepat, serta paham kenapa harus masuk dalam sebuah organisasi.

Jurusan Tadris IPS meraih gelar utama pentas seni dan ada beberapa penghargaan lain yang diperoleh, seperti jurusan terdisiplin dan kategori yel-yel terkreatif.

Pada kegiatan ini juga , Jurusan Tadris IPS merupakan prodi yang memperoleh d piala atau penghargaan terbanyak dan membawa nama jurusan Tadris IPS sebagai Jurusan baru yang kreatif,bersemangat dan berprestasi.